NEWS UPDATE :  
SMP Pasundan 4

Berita

Kami Ada dan Menyala, Semangat Berkarya di Bidang Jurnalistik


Di Abad 21 yang penuh dengan akselerasi ini semua orang dituntut untuk up to date supaya tidak tertinggal atau dibilang katro. Dunia digital mengalami perubahan yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Transformasi digital adalah hal yang pasti terjadi. Organisasi yang tidak siap dalam menghadapi transformasi tersebut akan menghadapi masalah besar di masa yang akan datang. Oleh karena itu, setiap organisasi perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan tersebut dengan cara yang tepat. 

Setiap orang harus siap dengan banjirnya informasi pada saat ini, artinya kekuatan mental harus disipakan sejak dini supaya tidak mengalami shock dan terbiasa memilah mana informasi yang layak dan tidak.

Jurnalisme memiliki peranan penting dalam penyebaran informasi yang benar. Jurnalisme harus ramah anak dan khalayak. Pengenalan dunia jurnalisme sejak dini pun mulai dilakukan. Salah satunya pada Diklat Ektrakuikuler Jurnalistik SMP Pasundan 4 Bandung yang dilaksanakan pada 9-23 Februari 2021 dengan dibagi ke dalam 3 sesi. Dengan tema “Kami Ada dan Menyala” diharapkan anggota Ekstrakulikuler Jurnalistik berani menampakan diri dengan banyaknya karya-karya yang diproduksi.

Sesi 1 pada tanggal 9 Februari 2020 diberi materi pengenalan dasar-dasar jurnalistik dimulai. Salah satunya mengenai apa itu jurnalistik, Kode Etik Jurnalistik yang disampaikan oleh Bapak Rizky Septiadi Putra, S.Pd.

Kemudian sesi 2 yaitu pada tanggal 16 Februari 2021 materi kiat menulis untuk pemula  dan bagaimana menulis dengan dasar 5W+1H yang disampaikan oleh Ibu Duriah Tus Solihah, S.Pd.

Dan pada sesi 3 yaitu pada tanggal 23 Februari 2021 diberi materi mengenai Digital Content Creator oleh Bapak Furqon Nurhidayat, S.Pd. bagaimana menjadi seorang yang produktif berkarya di dunia digital untuk kepentingan pribadi membranding diri atau untuk keperluan bisnis.

Pemberian materi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para siswa dalam hal bagaimana memproduksi dan menyebarkan informasi dengan baik dan benar. Diharapkan  kedepannya para siswa siswi peserta diklat dapat memiliki jiwa seorang jurnalis yang bermafaat untuk diri pribadi dan khalayak.