NEWS UPDATE :  
SMP Pasundan 4

Berita

Belajar Efektif Saat Pandemi



T

ips belajar efekktif di masa pandemi COVID-19, tidaklah mudah bagi para siswa keluar dari zona nyaman nya. Akibat pandemi COVID-19 ini proses belajar mengajar dari rumah harus di tempuh oleh para siswa dan guru. Sistem belajar mengajar daring diterapkan agar seluruh siswa dapat menempuh pendidikan yang biasanya mereka dapatkan ketika pembelajaran tatap muka di dalam kelas dan di lingkungan sekolah.

Namun, pembelajaran dimasa pandemi ini belajar mengandalkan teknologi dan jaringan internet jelas menjadi hal yang baru bagi para siswa. Para siswa kini dapat mengakses materi pembelajaran dengan mudah dan bukan hanya siswa, guru pun dapat mengakses situs yang menyediakan pembelajaran secara online/daring di aplikasi-aplikasi gratis seperti, Google Classroom, Whatsapp, Google Meet, Zoom, Google Form, dan lain sebagainya yang menunjang pemebelajaran secara daring.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran daring, ada beberapa tips agar belajar dari rumah secara efektif dan menyenangkan yaitu, sebagai berikut;

1.        Anggap seperti sekolah luring (Luar Sekolah) atau seperti tatap muka pada umumnya, bangun pagi dan tak lupa sarapan, dan ketika selama proses pembelajaran daring sediakan minuman dan cemilan agar kosentrasi ketika belajar tidak terpecahkan karna kekurangan cairan di dalam tubuh dan juga nutrisi.

2.        Temukan ruangan yang tenang dan nyaman di dalam rumah. Persiapkan meja dan kursi layaknya belajar seperti di dalam kelas dan usahakan tidak belajar di atas kasur supaya menghindari terjadinya tidur lagi yang malah akan menghambat proses belajar berlngsung.

3.        Siapkan alat tulis dan buku yang dibutuhkan selama proses belajar mengajar berlangsung sesuai dengan jadwal mapel pelajarannya. Dan letakan di tempat yanng terjangkau apabila sedang dibutuhkan.

4.        Pastikan jaringan internet tidak ada gangguan atau stabil sehingga fokus belajar tidak terganggu.

5.        Giatlah belajar sehingga ketika masa pandemi COVID-19 ini berakhir, Kemampuan pengetahuan dan keterampilan stabil dan terisi penuh ketika pembelajaran diberlakukan secara tatap muka.


(Artikel ditulis oleh Bu Yuli Yulinar Guru Prakarya kelas VIII)