NEWS UPDATE :  
SMP Pasundan 4

Berita

Memaknai Hari Guru Di Era Pandemi

Hari Guru adalah hari yang istimewa sebagai apresiasi terhadap guru (pahlawan tanpa tanda jasa) dan mungkin termasuk perayaan bertujuan untuk menghormati guru atas kontribusi terutama di bidang pendidikan.

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November tentunya tidak lepas dari sejarah perjuangan Bapak Pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara. Keputusan Presiden telah menetapkan bahwa berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus berbarengan sebagai Hari Guru Nasional. Organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang telah berdiri sejak tahun 1912.

Organisasi ini adalah bentuk dari perjuangan para guru pribumi pada zaman Belanda. Organisasi ini bertujuan untuk mendorong guru pribumi untuk memperjuangkan persamaan hak dan posisi  dengan pihak Belanda. Lalu, pada tahun 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Setelah Indonesia Merdeka tahun 1945, Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November pada tahun yang sama di Surakarta. Di kongres tersebut, dibentuklah organisasi  PGRI sebagai wadah untuk semua guru di Indonesia.

Tak terasa bahkan hampir sudah terbiasa kita harus berteman dengan pandemi dan menjalankan sekolah jarak jauh ini. Ada yang berbeda dengan perayaan Hari Guru kali ini, tak ada cium tangan tak ada saling memberi bunga atau sekedar pelukan.

 Mungkin seorang guru tidak mengaharapkan sebuah kado yang mewah dari kita, sebuah ucapan selamat yang indah dari kita ataupun kejutan indah dari kita, karena saya yakin semua guru melakukan pekerjaan secara mulia berbagi ilmu dengan ihklas, ihklas dalam membimbing kita, mensupport kita dan memberikan hal-hal positif lainnya yang patut kita contoh. Apalagi dengan semakin banyaknya tantangan terutama di masa pandemi ini para siswa siswi kita banyak mengalami kendala baik jarak, waktu dan sarana penunjang, Dalam hal ini sudah menjadi tugas para Guru untuk memberi motivasi dan semangat agar para siswa tidak stress dan tetap semangat juga giat dan tak kenal lelah dalam menuntut ilmu.

Semoga Pandemi ini segera berakhir dan kita dapat kembali merasakan kemerdekaan belajar, melaksanakan pebelajaran yang lebih baik. Hidup Pendidikan Indonesia!